Air Terjun Oenesu

Spread the love

Apa yang terlintas di dalam benak kalian ketika mendengar Kota Kupang yang merupakan Ibu Kota dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ? Mungkin yang pertama kali muncul di pikiran kalian adalah bayangan Kota Kupang yang panas dan gersang. Kupang memanglah panas, namun ternyata di balik terik mataharinya yang terik, kota ini memiliki beberapa oase indah berupa obyek wisata air terjun yang sangat sejuk dan menyegarkan. Air Terjun Oenesu namanya.

Dihiasi oleh banyak pepohonan rimbun di sekelilingnya, menjadikan suasana di sekitar lokasi air terjun ini sangat sejuk dan asri. Aliran debit air terjun ini cukup deras saat musim penghujan tetapi jika musim kemarau debit airnya tidak terlalu deras, namun akan tetap mengalir meskipun sedikit. Warna airnya hijau agak kebiru-biruan namun tidak terlalu jernih dan tidak pula keruh. Dengan lokasinya yang cukup mudah dijangkau dari pusat kota, air terjun ini tepat dijadikan sebagai alternatif wisata warga Kupang untuk bersantai dan bercengkerama sambil menikmati sejuknya buih-buih air terjun yang berhembus bersamaan dengan angin. Tak hanya di hari libur saja, air terjun ini juga terlihat ramai dikunjungi oleh pengunjung pada saat hari biasa.

Akses Menuju Lokasi Wisata
Air Terjun Oenesu terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Berjarak kurang lebih 20 km dari Kupang, untuk menuju lokasi pengunjung dapat menggunakan transportasi umum/ pribadi ataupun menyewa kendaraan dari Kota Kupang. Aksesnya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari kota menjadikan lokasi wisata air terjun ini mudah ditemukan. Pemandangan jajaran pepohonan rindang di kedua sisi jalan akan menemani perjalanan Anda. Dengan kondisi jalan yang cukup bagus, kurang lebih 30-45 menit berkendara pengunjung akan tiba di pintu gerbang Air Terjun Oenesu. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di lahan yang telah tersedia. Jarak dari tempat parkir menuju lokasi air terjun tidaklah begitu jauh yakni sekitar kurang lebih 600 meter saja. Namun sebelum mencapai lokasi air terjun yang memliki 4 buah tingkatan ini, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga.

Harga Tiket Masuk (HTM)
Pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 2.000 rupiah/ orangnya dan jika membawa kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir tambahan sebesar 1.000 rupiah.

Fasilitas
Di sekitar lokasi air terjun sudah terdapat fasilitas penunjang bagi para pengunjung, diantaranya lopo-lopo untuk tempat beristirahat pengunjung, mushola, toilet dan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Namun beberapa fasilitas nampak kurang dikelola secara maksimal. Diharapkan kedepannya pemerintah setempat dapat meningkatkan fasilitas di sekitar lokasi, mengingat air terjun ini cukup berpotensi dan memiliki daya tarik yang cukup tinggi untuk menarik para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *