Kupang Gelar Lomba Pancing Tradisional

Spread the love

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 29 September mendatang akan menggelar lomba pancing tradisional di Pantai Tablolong, Kecamatan Kupang Barat.

“Kegiatan ini masuk dalam agenda promosi pariwisata nusantara tahun ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang, Drs. Jonas Sanam di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan, masyarakat Kabupaten Kupang yang memiliki hobi memancing tradisional boleh mendaftarkan diri sebagai peserta. Panitia menyiapkan hadiah uang dan tropi.

“Saya berharap masyarakat di daerah ini mau mensukseskan perlomba ini dengan terlibat langsung sebagai peserta,” katanya.

Peralatan lomba seperti perahu dan alat pancing, kata Sanam disediakan sendiri oleh peserta. Perahu yang dipakai juga harus layak, kuat dan memiliki sarana penyelamatan.

Panitia, kata dia, akan memeriksa kelengkapan keselamatan tersebut. Kondisi kesehatan peserta juga harus prima yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.

Sementara mengenai alat pancing yang digunakan, Sanam mengatakan, meliputi tali senar, mata pancing, pemberat umpan, dan ukuran tali pancing. Setiap peserta hanya boleh menggunakan satu tali pancing dengan rangkaian mata pancing tidak lebih dari dua buah.

Dia menambahkan, jenis ikan yang dilombakan yakni ikan kerapu, kauk atau dusun gandola, kuwe gergahing atau kakap dan salem. Sedangkan bobot ikan hasil pancingan peserta yang sah untuk dinilai harus di atas dua kilogram.

Panitia, tambah Sanam, berhak memeriksa hasil ikan pancingan dan berwenang memberikan “diskualivikasi”, jika ada indikasi peserta melakukan kecurangan.

Pembukaan pendaftaraan lomba ini telah dilaksanakan oleh Disbudpar Kabupaten Kupang sejak 12 Agustus lalu.

Sementara itu, Disbudpar NTT juga akan menggelar lomba memancing internasional pada Nopember 2009.

“Lomba tersebut merupakan kegiatan tahunan guna menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya NTT, Ansgerius Takalapeta.

Kegiatan tersebut, memperebutkan hadiah sekitar Rp50 juta, piala dan piala bergilir yang akan berlangsung selama tiga hari. Sedangkan lokasi pemancingan ditentukan di selat antara Pulau Timor dan Pulau Rote, serta perairan timur Pulau Timor.

Sumber :

https://makassar.antaranews.com/berita/7054/kupang-gelar-lomba-pancing-tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *