Lomba Pacuan Kuda Diikuti Peserta dari Luar Negeri

Spread the love

Perlombaan Pacuan Kuda yang digelar di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kupang dalam upaya mempromosikan daerah wisata, mendatangkan beberapa kuda pacuan dari Luar Kupang bahkan luar negeri.

Pantauan NTT-News.com, lomba pacuan kuda di stadion Lifubatu Babau, selain diikuti peserta lama, berhasil menarik pendatang baru dari negara tetangga Republik Democratic Timor Leste dan Perwakilan Pulau berjulukan Nusa Kenari, Alor.

Kali ini, peserta lomba pacuan kuda sebanyak 234 kuda pacu dari 10 kelas yang diperebutkan. Terdapat peningkatan yang baik dari tahun sebelumnya, pada tahun 2014 lalu, lomba pacuan Kuda di Kabupaten Kupang diikuti 160 kuda pacu dari seluruh daratan Timor dan Kabupaten Rote Ndao.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Charles Amhekan mengatakan, perlombaan pacuan kuda tahunan ini merupakan upaya dalam mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal melalui olahraga pacuan kuda sebagai akses budaya daerah.

Dia mengharapkan agar ajang ini dapat menjalin rasa persaudaraan masyarakat antar daerah khususnya para pencinta kuda sehingga suatu saat dapat diikutsertakan dalam ajang lomba pacuan kuda nasional.

“Ada beberapa alasan digelarnya pacuan kuda, pertama ini merupakan destinasi minat khusus guna menghibur masyarakat, kedua untuk mendorong kembali semangat budaya berkuda, yang mana akan menarik wisatawan. Disamping itu kita tak pungkiri bahwa ini orientasi utamanya adalah memacu pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD),” ungkapnya

Pada Kesempatan lain disela kegiatan Maria Nuban-Saku salah satu pencinta kuda menyampaikan apresiasi digelar lomba tahunan, namun ia meminta Pemerintah Daerah agar jangan asal melaksanakan turnamen. “Kami pencinta kuda agar diberi perhatian serius karena pencinta kuda pacu khusus di wilayah kabupaten Kupang sangat antusias.

“Jika pemerintah memberikan perhatian serius maka semakin banyak pencinta kuda pacu yang mana akan menarik minat wisatawan dan tentunya kami juga ke depan diikutsertakan dalam kompetisi nasional,” tandas Ketua DPC Partai Parindo Kabupaten kupang itu.

Hasil Pantaun wartawan ribuan penonton memadati stadion Lifubatu. Kegiatan ini dibuka Asisten III, Kris Patmawan, yang dihadiri Kasat Pol PP Jemy Uli, Kadis Hubkominfo Jhony Aty, Kepala RSKK Marta Para Ede.

Sumber :

Lomba Pacuan Kuda Kabupaten Kupang Diikuti dari Peserta Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *