Potensi Pariwisata Kabupaten Kupang Terbentur Infrastruktur

Spread the love

Potensi pariwisata di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), sangat luar biasa. Sayangnya terbentur infrastruktur jalan yang kurang memadai sehingga wisatawan tidak dapat menjangkau akses destinasi wisata.

“Kondisi jalan umum menuju kawasan wisata di Kabupaten Kupang pada umumnya memperihatinkan sehingga kunjung wisatawan sangat terbatas. Akses jalan menuju lokasi wisata belum memadai,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang, Charles Amekan memalui Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata Daerah, Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang, Sius Kopong di Kupang, Ahad (16/9/2018).

Infrastruktur jalan yang belum memadai itu, sambung dia. berdampak pada sepinya kunjungan wisatawan. Meski demikian, pihaknya terus berjuang dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, agar ikut mendukung pariwisata melalui pembangunan infrastrutur jalan yang memadai menuju lokasi wisata.

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung umumnya hanya mengincar lokasi wisata, yang sudah memiliki akses jalan yang baik seperti Pantai Manikin, Kolam Renang Baumata, Pegunungan Fatuleu serta Taman Wisata Alam Camplong, Pantai Tablolong dan Air Terjung Oenesu.

“Namun masih banyak lokasi wisata yang menarik di Kabupaten Kupang, namun karena akses jalan belum memadai sehingga belum dilirik para wisatawan,” tegas Sius seperti diunduh laman Antara.

Selain terkendala infrastruktur banyak potensi wisata di kabupaten Kupang, yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu berada dalam kawasan hutan, sehingga menyulitkan pemerintah melakukan penataan terhadap fasilitas dalam kawasan wisata.

“Kami kesulitan melakukan penataan terhadap infrastruktur yang terdalam dalam kawasan obyek wisata karena sebagian besar obyek wisata di Kabupaten Kupang berada dalam kawasan hutan lindung. Perlu izin pengelolaan dari pemerintah pusat,” tegas Sius.

Bahkan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dimiliki Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kupang menjadi salah satu kendala yang ikut berkontribusi belum berkembangnya pembangunan sektor pariwisata daerah itu.

sumber Berita dan gambar :

Potensi Pariwisata Kabupaten Kupang Terbentur Infrastruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *