Monumen Sparaw Force Australia

Monumen Sparaw Force Australia terletak di Kecamatan Kupang Timur tepatnya di Desa Oesao Kabupaten Kupang, berjarak 28 Km dari Kota Kupang atau 8 Km dari Oelmasi Kabupaten Kupang, untuk mencapai ke obyek wisata sejarah ini dapat ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat dengan kurun waktu kurang lebih selama 30 menit dari Kota kupang, Monumen Sparaw Force Australia ini dibangun oleh Pemerintah Australia untuk mengenang pertempuran antara tentara Australia (Sparow Force) melawan pasukan jepang (Dai Nippon).

Pertempuran yang telah terjadi antara tentara Australia melawan tentara Jepang merupakan salah satu pertempuran yang paling sengit di indonesia timor, di bukit kecil inilah terjadi tumpah darah pertempuran dilakukan.

Apabila wisatawan berkunjung ke bukit kecil ini, akan tampak sebuah pintu gerbang berdiri menghadap sebelah timur. Tingginya kurang lebih 3 meter, dengan tiang pintu sebelah kiri dicat motif bendera merah putih yang merupakan bendera kebangsaan Indonesia. Sedangkan tiang sebelah kanan dicat motif bendera Australia.

Dalam pertempuran yang dilakukan oleh Tentara Australia ini bertujuan untuk mempertahankan serangan Jepang terhadap Pulau Timor kala itu, pertempuran ini berlangsung selama 3 hari tepatnya pada tangal 18 Februari hingga 20 Februari tahun 1942.  Namun dalam pertempuran tersebut terjadi kehabisan peluru sehingga perkelahian satu lawan satu (Man Tagen Man) menimbulkan kematian ratusan tentara baik dipihak Australia maupun Jepang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *