Taman Rekreasi Boneana

Taman Rekreasi Boneana merupakan salah satu obyek wisata buatan yang berada di Kabupaten Kupang, tepatnya berada di Dusun Boneana, Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat. Berjarak ± 16 km dari pusat Kota Kupang, apabila dari ibu kota Kabupaten Kupang Oelamasi berjarak  ± 51 km, bila ingin mengunjungi ke obyek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan kurun waktu ± 30 menit dari Kota Kupang, apabila dari Oelamasi ibu kota Kabupaten Kupang dapat ditempuh dengan kurun waktu ±  1,5 jam. Akses jalan menuju ke obyek wisata Taman Rekreasi Boneana terbilang baik, sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya, dan dikarenakan belum ada transportasi umum, untuk sampai ke obyek wisata ini dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Taman Rekreasi Boneana didirikan pada tahun 2012 dan baru difungsikan sekitar Januari 2013, obyek wisata yang dikelola langsung oleh pemiliknya memiliki tanah seluas ± 10 hektare, selain area yang sudah dijadikan obyek wisata, dibeberapa area sekitar obyek wisata difungsikan sebagai tempat perkebunan dan perternakan hewan. Ada beberapa area yang sudah di tanami berbagai tanaman buah-buahan, diantaranya ada buah Naga, buah papaya, buah nangka dan buah mangga, kondisi ini merupakan potensi wisata yang dapat di kembangkan menjadi Agrowisata, dimana pengunjung bisa langsung datang menyaksikan mulai dari pembibitan hinga proses panen. Selain itu dapat juga dikembangkan mejadi wisata petik buah dimana pengunjung dapat langsung memetik dan menikmati buah yang segar ketika selesai panen.

Obyek wisata Taman Rekreasi Boneana adalah obyek wisata yang indah, obyek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup untuk memuaskan para pengunjung yang datang ke obyek wisata ini, diantaranya ada fasilitas penginapan, kolam renang, yang terdiri dari 2 kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, tersedia juga fasilitas Restauran dan Cafe, fasilitas perahu bebek dayung yang berada dikolam tersendiri, area permainan anak-anak, billiard, memiliki 2 kolam pemancingan, fasilitas lopo-lopo atau Gazebo, toilet umum, dan area parkir yang memadai serta lokasi dekat dengan area obyek wisata.

Berada di Taman Rekreasi Boneana para wisatawan bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan dengan suasana yang tenang dan area wisata yang bersih. Banyak hal yang dapat wisatawan lakukan ketika berada di obyek wisata ini. Diantaranya, wisatawan yang berkunjung dapat berenang dan berseluncur dipermandian, memancing, mendanyungi perahu bebek, menikmati permainan anak-anak, bermain billiard, dan para wisatawan dapat menikmati berbagai varian makanan yang menjadi ciri khas wisata ini, serta wisatawan dapat berswafoto dengan latar belakang yang berbeda-beda. Obyek wisata ini dibuka setiap hari, mulai buka dari pukul 10.00 hinga pukul 17.00.

Masih banyak lagi keindahan obyek wisata yang berada di Kabupaten Kupang, diantaranya ada batu susun, untuk informasi mengenai obyek wisata batu susun langsung saja click dibawah ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *