Pantai Tablolong

Pantai Tablolong merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Kupang, Pantai ini terletak di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Pantai ini berada diujung barat Pulau Timur dengan jarak ± 30 km dari kota Kupang atau ± 60 km dari Oelamasi ibukota kabupaten kupang, untuk mengunjunginya dapat ditempuh menggunakan mobil maupun sepeda motor dengan kurun waktu ± 1 jam perjalanan bila dari Kota Kupang. Akses jalan menuju lokasi cukup baik sehingga memudahkan para wisatawan sampai ke obyek wisata ini, untuk sampai kelokasi ini dapat menggunakan transportasi pribadi.

Pantai Tablolong merupakan pantai yang indah, nama Tablolong diambil dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini dan diapit oleh Pulau Rote dan Timor. Pantai yang sering dijadikan arena olahraga memancing dari mulai yang skala nasional hingga internasional setiap tahunnya. Perairan sejauh 10 mil dari garis Pantai Tablolong itu merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Tak hanya itu saja, kekayaan biota lautnya juga menjadikan Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT.

Obyek wisata Pantai Tablolong memiliki beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Kupang, mulai dari kamar ganti, kamar mandi atau toilet, warung makanan dan minuman ringan, gazebo, permainan anak-anak, dan juga area parkir yang luas dapat menampung mobil maupun motor serta lokasi yang dekat dengan pantai.

Di Pantai Tablolong para wisatawan bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan dengan suasana hamparan ombak yang tenang dan air yang bersih kebiru-biruan, serta disekelilingi pasir putih yang lembut membentang ujung pantai. Banyak hal yang dapat wisatawan lakukan ketika berada di Pantai Tablolong, diantaranya bermain air, berenang, memancing, diving, bahkan bermain ATV, menikmati indahnya matahari terbenam (sunset) dan dapat berswafoto .

Obyek wisata Pantai Tablolong buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hinga sampai pukul 18.00, adanya karcis masuk yang terjangkau Rp. 10.000, dengan karcis masuk yang relatif murah anda sudah bisa berwisata menikmati keindahan pantai ini.

Kabupaten kupang masih memiliki Pantai indah lainya, antara lain ada Pantai Manikin dan Pantai Sulamu. Mau lihat foto-foto dan informasi mengenasi pantai, click dibawah yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *