Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati Kupang Tahun 2021

Spread the love

Kuda merupakan hewan yang sering kali digunakan sebagai alat transportasi lokal yang handal dan guna menunjang kelancaran transportasi ke tempat tunjuan. Tradisi memelihara dan mencintai kuda semakin berkembang, sehingga kini kuda memasuki kelas yang bergengsi dan modern, di era sekarang sering kali diadakan event Lomba Pacuan Kuda, tentunya event seperti ini menggugah rasa ketertarikan bagi pecinta kuda.

Pacuan kuda merupakan olahraga berkuda yang saling bersaing antar peserta berpacu menuju garis akhir (Finish). Untuk mepertahankan olahraga Pacuan Kuda sebagai sebuah budaya minat khusus yang baru tumbuh, maka Pemerintah Kab. Kupang tepatnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat peduli dan antusias dalam event lomba Pacuan kuda sebagai atraksi promosi dan daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kab. Kupang.

Lomba Pacuan Kuda merupakan event tetap yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Kupang, bekerja sama dengan pihak PORDASI NTT dan Kabupaten Kupang, kegiatan perlombaan ini merebutkan piala Bupati Kupang dengan diikuti peserta dari berbagai daerah se NTT. Namun pada event kali ini yang digelar pada tahun 2021 perserta yang mengikuti Lomba Pacuan Kuda berasal dari daerah  Kab. Kupang, Kota Kupang, Sumba Timur, Kab TTU, Kab Belu, Kab Rote, Kab Nagekeo, dan Kab Bajawa.

Pada tahun 2021 ini Dinas pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Kupang telah melaksanakan kegiatan Lomba Pacuan Kuda berlangsung dari tanggal 02 s/d 05 Desember 2021, dilaksanakan diarena Pacuan Kuda “Lifu Batu” Babau Kecamatan Kupang Timur. Kegiatan ini berjalan dengan taat menjalankan prokes dan dibantu dari pihak Pukesmas Oesao yang sudah menjalankan aktifitas Vaksinasi beberapa hari sebelum kegiatan Lomba dimulai, event ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga Pacuan Kuda, dan mempertahankan kuda-kuda lokal dalam meningkatkan olahraga pacuan kuda sebagai aset budaya daerah serta menguji ketangkasan olahraga berkuda yang pada akhirnya diharapkan bisa melaju ke kelas Nasional dan selain itu diharapkan kegiatan ini dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif telah membangun lapangan permanen arena pacuan kuda yang cukup memadai sesuai standart nasional dengan dilengkapi fasilitas tribun, kamar mandi, pagar pembatas lintasan arena pacuan kuda, kadang ukur dan juga kandang transit kuda.

Diharapkan arena atau lapangan pacuan kuda ini bisa dijaga dan dirawat dengan baik oleh pemerintah setempat bersama-sama dengan masyarakat pecinta pacuan kuda, dan khususnya seluruh masyarakat Kab. Kupang pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *